Cara Membuat database MySQL

Dalam penggunaannya sehari-hari, sebuah aplikasi biasanya hanya akan memiliki sebuah database. Di dalam MySQL (dan juga di dalam aplikasi relational database lainnya), Database adalah kumpulan dari tabel-tabel yang saling berhubungan. Database adalah tempat dimana tabel-tabel akan dibuat.
Untuk membuat database, format penulisan querynya adalah:
CREATE DATABASE [IF NOT EXISTS] nama_database


Tambahan query  [IF NOT EXISTS] digunakan untuk membuat MySQL tidak menampilkan pesan error jika database tersebut telah ada sebelumnya dalam database.
Contohnya, jika kita menjalankan lagi query untuk membuat database mahasiswa, MySQL akan menampilkan pesan error.


Pesan error ini berguna untuk kita mengidentifikasi kesalahan, namun apabila kita membuat kode query yang panjang untuk dieksekusi secara keseluruhan (kita akan mempelajarinya nanti), pesan error akan menyebabkan query  berhenti diproses.
Format [IF NOT EXISTS] akan membuat database jika database itu belum ada sebelumnya. Jika sudah ada,  query CREATE DATABASE tidak akan menghasilkan apa-apa (database yang lama tidak akan tertimpa).


Cara Melihat Daftar Database MySQL
Di dalam MySQL Server, biasanya akan terdapat beberapa database, tergantung kebutuhan kita. Untuk melihat seluruh database yang berada pada MySQL Server, gunakan query:
SHOW DATABASES;


Kita dapat melihat bahwa MySQL Server telah berisi beberapa database bawaan, selain database mahasiswa yang kita buat sebelumnya.
Cara Memilih dan Menggunakan Database MySQL
Kita harus memilih sebuah database yang akan digunakan, format query untuk memilih database ini adalah:

USE nama_database;

Selanjutnya setiap query pembuatan tabel misalnya, akan membuat sebuah tabel didalam database terpilih, dalam hal ini database mahasiswa.
Cara Menghapus Database MySQL
Jika database sudah tidak digunakan lagi, kita dapat menghapusnya. Proses penghapusan ini akan menghapus database, termasuk seluruh tabel dan isi dari tabel tersebut. Sebuah database yang telah dihapus tidak dapat ditampilkan kembali. Kita harus yakinkan bahwa database tersebut memang tidak akan digunakan lagi.
Format query untuk menghapus database:
DROP DATABASE [IF EXISTS] database_name;


Jika kita berusaha menghapus database mahasiswa lagi (yang memang sudah tidak ada), akan muncul pesan error: 



Dengan menggunakan perintah opsional [IF EXISTS], pesan error tidak tampil:


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment