Search dan Sorting Multiple Option

Sorting adalah proses menyusun elemen-elemen dengan tata urut tertentu dan proses tersebut terimplementasi dalam bermacam aplikasi. Fungsi sort dalam PHP adalah dapat digunakan untuk mengurutkan data berbentuk array secara instan dalam PHP.




Yang pertama adalah mencari dengan form search, input data yang dicari dalam kolom search, contoh tampilannya sebagai berikut:


Berikut ini adalah coding yang digunakan antara lain:


Form seach akan mengirimkan Variable "$_POST['keyword']" sebagai "$keyword" dan mencari dengan clause where, dimana concat untuk mencari di semua field, like variable "$keyword". dan data yang dicari akan di tampilkan pada table berikutnya.

Berikutnya adalah metode multiple option, dimana data akan tampil dan diurutkan sesuai pilihan user dengan cara memilih menu yang tampil pada form dan klik tombol sorting.


Berikut codingnya antara lain:



Pilihan ke dua dengan "elseif", yaitu menangkap variable yang dikirim oleh form kedua dengan sorting, "sql=array()" membagi data yang di pilih melalui menu di form. kemudian "$sql=Implode('AND',$sql);" menambahkan clause AND pada variable berikutnya yang dimasukkan. User bebas memilih data yang akan dicari dengan cara memilih pada menu kolom multiple option dan hasilnya akan tampil sesuai data yang sudah dipilih.

Yang terakhir adalah menampilkan data pada tabel, apabila tidak ada pilihan sorting yg di input maka data akan tampil secara keseluhan.



Berikut codingnya antara lain:


Klik dibawah ini untuk melihat demonya..
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment