Apa Itu CodeIgniter??



Pengerngertian CodeIgniter
Framework adalah suatu kerangka kerja yang berupa sekumpulan folder yang memuat file-file php yang menyediakan class libraries, helpers, plugins dan lainnya . Framework menyediakan konfigurasi dan teknik coding tertentu, yang berupa perintah/fungsi dasar yang dapat membantu dalam menyelesaikan proses-proses yang lebih kompleks.

CI (Code Igniter) adalah framework PHP yang kuat dengan footprint yang sangat kecil, dibangun untuk PHP coders yang membutuhkan toolkit yang sederhana dan elegan untuk membuat fitur lengkap aplikasi web. CI bertujuan untuk membatu developer untuk membuat aplikasi lebih cepat dibandingkan dengan membuat aplikasi dari awal dengan menyediakan library yang umum digunakan untuk pekerjaan tertentu.

Sejarah Singkat CodeIgniter 
Codeigniter ditulis (dibuat) oleh Rick Ellis, seorang musisi rock yang menjadi programmer. Ia membangun perusahaan bernama Ellis Lab, yang mengembangkan  beberapa produk unggulan salah satunya CodeIgniter. CodeIgniter dirilis pertama kali pada 28 Februari 2006. Versi stabil terakhir adalah versi 3.0.1, yang sampai saat ini, CodeIgniter dikembangkan oleh British Columbia Institute of Technology.

Kelebihan CodeIgniter : 
1. Framework CI dikembangkan dengan platform PHP, dimana aplikasi web dominal dibuat dengan
    PHP sehingga dukungan sangat mudah didapat  dari berbagai komunitas pemakai
2. Plugin dan Libraries sangat banyak
3. Kemampuan menerapkan konsep OOP dengan pattern MVC

Kekurangan CodeIgniter :
1. Editor khusus CodeIgniter belum ada, sehingga dalam melakukan create project dan modul modulnya sedikit melelahkan, karena pindah-pindah folder.
2. Framework CodeIgniter adalah open-source alias gratis, sehingga perlu sedikit memodifikasi (oprek-oprek) supaya tamu tak di-undang tidak dapat masuk.

 Struktur Flow CodeIgniter

 


Keterangan : index (menangani semuafile php yang direquest) kemudian routing menangani semua filenya mau kemana yang kemudian security mengecek lagi, lalu setelah di cek maka akan masuk ke application controller yang akan mengakses ke database kemudian akan dipilih tampilan-tampilan yang dicari.


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment